Berapa sih Mas Hasil Panen Jamur Tiram Itu?

Berapa sih Mas Hasil Panen Jamur Tiram Itu?

Pertanyaan semacam inilah yang sering berkecamuk dalam pikiran anda yang mungkin masih awam dengan bisnis jamur tiram ini. ( Jujur saja dulu saya juga mengalaminya. hehehe... )
Disini saya akan memberikan sedikit jawaban tentang pertanyaan "Berapa sih Mas Hasil Panen Jamur Tiram Itu?" jadi yang sudah baca artikel ini mudah mudahan sedikit lega dan akan mensosialisasikan Wirausaha Jamur Tiram kepada teman, sodara, orangtua, mertua, dll. ( hahay Promosi mode on )

Jadi begini ceritanya : ..............
Pada saat awal kami melakukan budidaya jamur tiram, berbagai ekspektasi yang super duper tinggi dan menggiurkan diberikan baik dari buku, pelatihan, pengalaman petani jamur ataupun dari internet yang menjelaskan hasil panen jamur tiram sangat tinggi. jika anda tidak percaya silahkan baca dan search di internet, bahkan sampai ada yang berani mengklaim bahwa produk  nya dapat dipanen hingga menghasilkan Jamur tiram sebanyak 1kg ( Berat total hasil panen /baglog ). jika anda yang masih awam sama seperti hal nya saya dulu ketika baru memulai bisnis jamur tiram maka anda akan langsung berfantasi ria menjadi kaya mendadak setelah menerjuni dunia bisnis yang satu ini. lagi lagi dengan anda membaca artikel ini saya harapkan anda jadi mengerti dan tidak lagi jadi orang awam tentang budidaya jamur tiram.
Mudah mudahan pengalaman saya ini tidak terjadi kepada anda dimana pada saat itu saya mengikuti pelatihan saya diberikan gambaran bahwa total hasil panen mencapai 1kg jamur tiram dengan berat baglog 1,2kg, ditambah dengan fantasi yang diberikan  adalah biaya pembuatan baglog senilai Rp,-1000 pada saat itu harga jamur tiram Rp,-8000/kg, jadi keuntungan yang bakal saya peroleh adalah 800%. Waw bisa kaya nih, bisa beli'in istriku mobil idaman kami nih, bisa beli ini itu pokok nya wah deh..."itulah yang saya pikirkan saat itu dan parahnya saya sih ho'oh aja lha wong ga' tahu + ga paham" lalu seiring berjalannya usaha kami saat itu yang berbalik 180' dari apa yang dijelaskan para trainer yang memberikan materi pada saat pelatihan, kami selalu mencatat hasil panen dan mengambil kesimpulan bahwa kami "di bo'ongin niiihh yeeee" hehehe....Semangaaaaaaattttt!!!
Jika ada yang mengklaim produknya mampu menghasilkan jamur tiram mencapai angka total hasil panen seberat 1 kg dengan berat baglog rata rata 1,2 kg s/d 1,4 kg. maka saya akan mengatakan WAW....Fantastis....Bombastis...hehehe

Jadi Logikanya seperti ini : Apa kah mungkin dengan berat baglog 1,2kg akan menghasilkan total panen seberat 1kg. Mungkin gaaaakkk??? jawabnya adalah Gak Mungkin!!! dan dipastikan hanya isapan jempol belaka alias bohong besar. ( Masuk neraka lho kalo membohongi konsumen.. :D mudah mudah an Pak Trainernya baca dan bertobat hehe..) 

Yang benar perhitungan nya adalah seperti ini :
Berikut ini sedikit refferensi dari FOOD AGRICULTURE ORGANIZATION OF THE UNITED NATION for Asia Pasific. Bangkok Thailand.
 
Check weight of bags (should be between 800-1000 grams per bag)
 
Note: A bag of mushrooms should yield between 350 –450 grams of mushrooms in 4 to 5 flushes. Bags lose much of their weight once they have exhausted their production.





Dari berat log tersebut, mereka merefferensikan hasil antara 350 – 450 gram jamur dari 4 – 5 kali panen selama 4 Bulan.
sekarang saya ambil rata rata dari baglog hasil produksi Wirausaha Jamur Tiram adalah seberat 1,2kg.

Jika dihitung perbandingan berat panen terhadap berat log, maka hasil panen jamur adalah
450gram : 1200gram = 37,5%
yang perlu dicermati adalah hasil total panen dipengaruhi oleh beberapa aspek, diantaranya adalah :
  • Kandungan nutrisi baglog.
  • Suhu didalam kumbung.
  • Kebersihan kumbung jamur.
  • Tingkat kegagalan baglog.
  • Perawatan Baglog, dan masih banyak lagi yang sampai saat ini sedang kami pelajari.
Insya Allah dengan adanya artikel ini Anda yang akan memulai usaha ini jadi mengerti dan paham dengan pertanyaan Berapa sih Mas Hasil Panen Jamur Tiram Itu?

Terimakasih.